TUGAS SOFTSKILL


Suatu purasahaan manufaktur baru akan memulai membangun sistem informasi komputer. Apakah anda akan mengusulkan bahwa sebaiknya mereka memulai dengan sistem informasi akuntansi ataukah dengan suatu sistem yang membantu menempatkan pesanan-pesanan bahan mentah keperluan perusahaan??

perusahaan tersebut
seaiknya memulainya dengan Sistem informasi akuntansi, karena dalam sistem informasi manajemen akuntansi lebih fokus dalam pengolahan data-data. Atau dengan islah lain disebut data Proccesing. Sistem Akuntansi merupakan system yang paling tua dan paling banyak digunakan dalam bisnis dan merupakan kumpulan sumber daya yang dirancang untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi. Karena tugas dari system informasi akutansi yaitu:
  •  Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  •  Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  •  Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Sehingga perusahaan dapat lebih mudah dan efisien dalam mengolah data.

Suatu perusahaan indo alumunium (IA) yang memproduksi alumunium lembaran &batangan, mempertimbangangkan untuk menempatkan terminal- terminal pada pabrik pelanggannya. Terminal tersebut akan dihubungkan pada komputer pusat di IA dengan kemampuan mengakses sistem inventarisasi, data pesanan, dan perhitungan penerimaan. Para pelanggan bisa menggunakan trminal untuk mengetahui apakah IA mempunyai persediaan tertentu,  Melakukan pemesanan & mengetahui jumlah utangnya pada IA. Pada tingkat sistem informasi apakah kegiatan tersebut berada?? Apakah anda pikir dengan fasilitas tersebut dapat memberikan dampak keuntungan strategis bagi IA dibanding dengan perusahaan aluminium yang lain??

Kegiatan tersebut merupakan sistem bisnis fungsional. Sistem bisnis fungsional adalah system informasi yang ditujukan untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan kepada kelompok orang yang berada pada bagian tertentu dalam perusahaan.
Dalam sistem bisnis fungsional mencakup, Sistem Pemasaran, Sistem manufacturing, Sistem sumber daya manusia, Sistem akuntansi, sistem manajemen keuangan.
  •   Sistem Pemasaran : adalah sistem informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi pemasaran. Sistem ini mendukung keputusan yang berkaitan dengan pembauran pasar (marketing mix), yang mencakup:
Ø Produk (barang dan jasa) yang perlu ditawarkan.
Ø Tempat yang menjadi sasaran pemasaran.
Ø Promosi yang perlu dilakukan.
Ø Harga Produk.

§  Sistem Manufacturing : merupakan system yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi, yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.

§  Sistem Sumber Daya Manusia : Sistem Sumber Daya Manusia dibagi menjadi beberapa subsistem, diantaranya:
Ø Subsistem Penggajian (payroll), berkaitan dengan pembayaran gaji, upah,  dan tunjangan.
Ø Subsistem Riset SDM, menangani penelitian mengenai suksesi, analisis dan evaluasi jabatan, serta penelitian tentang keluhan yang disampaikan oleh pegawai.
Ø Subsistem Intelijen SDM, menggunakan sumber informasi eksternal yang berhubungan dengan mitra kerja (stakeholder) yang mencakup pemerintah, serikat buruh, masyarakat umum, bahkan pesaing.
Ø Subsistem Perencanaan SDM, menangani identifikasi sumber daya manusia dalam perusahaan yang digunakan untuk melaksanakan sasaran jangka panjang perusahaan.
Ø Subsistem Perekrutan, menangani aktivitas yang berhubungan dengan penyeleksian calon pegawai.

Ø Subsistem Manajemen Tenaga Kerja, berhubungan dengan pengembangan SDM dalam hal keterampilan dan pengetahuan, melalui pelatihan-pelatihan atau pendidikan.
Ø Subsistem Pelaporan Lingkungan, digunakan untuk menghasilkan laporan yang dialamatkan untuk lingkungan perusahaan, terutama ditujukan kepada pemerintah dan serikat buruh.

§     Sistem Akuntansi : Sistem Akuntansi merupakan system yang paling tua dan paling banyak digunakan dalam bisnis. Sistem Akuntansi adalah kumpulan sumber daya yang dirancang untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi.

§  Sistem Manajemen Keuangan : Sistem ini digunakan untuk mendukung manajer keuangan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut persoalan keuangan perusahaan dan pengalokasian serta pengendalian sumber daya keuangan dalam perusahaan. Sistem ini tidak hanya mendasarkan data internal melainkan juga menggunakan data yang berasal dari sumber eksternal.

Dengan adanya terminal-terminal yang ada di perusahaan-perusahaan pelanggan IA, sebenarnya sangat mengutungkan bagi IA, karena akan mempermudah IA, akan tetapi harus mempertimbangkan beberapa alasan, diantaranya Biaya pembangunan terlalu tinggi, terutama untuk usaha kecil dan menengah (UKM), dalam pelaksanaannya memerlukan waktu yang lama dan banyak sumber daya, Memerlukan banyak tenaga professional.

0 komentar:

Posting Komentar