manusia dan cinta kasih

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

·     Kasih Sayang selalu berhubungan dengan “kenyamanan”.  Jika kita menyayangi seseorang, kita akan berusaha membuatnya merasa nyaman.  Kita pun merasakan kasih sayang dari seseorang berdasarkan rasa nyaman yang kita dapatkan ketika berada di dekatnya.
 
Di dalam kasih sayang terdapat :
-          - Tanngung jawab : adalah tindakan yang benar – benar bedasarkan atas suka rela.
-          - Pengorbanan : Pengorbanan yang dilakukan atas dasar cinta akan memunculkan rasa saling menyayangi
-          - Kejujuran : Kejujuran adalah hal paling utama yang dibutuhkan dalam cinta
-          - Saling percaya : cinta akan terasa lebih indah dan nyaman apabila kita saling percaya
-          - Saling pengertian : Untuk menumbuhkan rasa saling pengertian dibutuh kan kesabaran & keikhlasan  
              untuk selalu mengerti & memahami
     - Saling terbuka : saling terbuka terhadap pasangan,  maka pasangan kita akan merasa di hargai sebagai 
        pasangan.

  • Makna Kasih Sayang
- Kasih sayang mestilah utuh, karena jika berkurang satu unsurnya, akan melemahkannya.
- Kasih sayang bisa dirasakan oleh siapa pun, tidak terbatas usia.
- Kasih sayang merupakan bagian dari hidup manusia.
- Kasih sayang berlebih bisa memberikan pengaruh negatif, dan cenderung memanjakan.
- Kurangnya kasih sayang juga bisa memberikan pengaruh buruk.
- Oleh karenanya, semestinya manusia saling kasih dan saling sayang dengan sesamanya dan lingkungannya.
 

        Keluarga adalah pusat perkumpulan dan poros untuk melestarikan tradisi-tradisi serta tempat untuk 
         menyemai kasih sayang dan emosional. contohnya :
- Orang tua yang membuat anaknya merasa nyaman jelas  murni rasa sayangnya.
- Istri yang membuat suami betah di rumah adalah istri yang saying pada suaminya.
- Suami yang peduli perasaan istri dapat membuat istri nyaman didekatnya.
- Rumah yang terasa nyaman karena memang terdapat banyak kasih sayang di dalamnya.

Makna Kemesraan          
                 Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti sangatlah Solid/ sulit dipisah (karib). Mesra juga dapat diartikan sebagai suatu proses hubungan yang begitu erat. Secara keseluruhan pengertian  kemesraan dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana kita memiliki hubungan yang sangat erat kepada seseorang, dan kita merasa sangat nyaman bila di dekatnya.

 Makna Pemujaan
               Makna Pemujaan bisa diartikan sebagai sesuatu yang dianggap berharga dan di Agungkan karena memiliki kekuatan dan memberikan keselamatan untuk Umat Manusia. Saya ambil contoh : pemujaan kepada Patung - Patung yang diyakinkan sebagai Dewa. Biasanya yang melakukan pemujaan kepada patung patung yang diyakinkan sebagai Dewa pemberi keselamatan yaitu umat Hindu dan Budha.

Makna Belas Kasihan
          Makna Belas Kasihan hampir sama dengan makna yang pertama yaitu Kasih sayang, namun sedikit berbeda,  Belas Kasihan diartikan sebagai rasa Toleran, saling berbagi & memberi / rasa ingin menolong  hambatan – hambatan seperti adanya pertengkaran, permusuhan, kerasukan, kedengkian, dll, akan terobati jika sesama Umat Manusia saling mengasihi, saling memberi, saling membantu satu dengan yang lain.

Cinta Kasih Erotis
         Cinta Kasih Erotis bisa diartikan sebagai aktivitas hubungan badan / Seksual. Parameter cinta erotis diukur dari kepuasan biologis.Banyak dari kita yang menyalah-artikan hubungan Cinta Erotis / Hubungan Seksual sebagai pemuas hidup hanya karena lawan jenis yang begitu cantik/ganteng sehingga ingin melakukan hubungan intim. Mayoritas remaja pun lantas dimabuk cinta dan tak mampu menyelami hakikat cinta. Mereka lantas berpikir singkat. Mayoritas mereka berusaha dengan segala cara untuk ”dicintai”, bukan ”mencintai”. Seorang anak muda lantas terjebak pada hubungan seks yang liberal karena takut tidak dicintai sang pacar.
          Dalam arti Sesungguhnya Cinta Erotis yaitu bersifat ekslusif, bukan universal, cinta kasih erotis dicampur baurkan dengan pengalaman yang dapat di eksplosif berupa jatuh cinta.. Nafsu fisi belaka, untuk meredakan ketegangan yang menyakitkan. Keinginan seksual dengan mudah dapat distimulasi dengan perasaan yang dalam.Cinta kepada lawan jenis dan secara syah telah resmi sebagai suami istri dan melakukan hubungan intim untuk mengaruniai seorang keturunan
 

0 komentar:

Posting Komentar